Monday, April 20, 2015

Membuat Infused Water





Infused atau air infus sebenarnya sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat masa kini. Meskipun cara dan bahannya sangat mudah dan sangat sederhana, tetapi 1000 manfaat untuk kesehatan dan akan terbebas dari segala penyakit, bahkan jika untuk terapi air infus ini bisa menyembuhkan sejenis penyakit.

Air infus hanya terdiri dari air putih (air mineral) yang diberi irisan buah segar atau buah-buahan dengan rasa cenderung asam, tanpa menambah gula atau pemanis lainnya. Air infus bisa terdiri atas satu jenis buah, atau beberapa jenis buah agar rasanya lebih egar bisa ditambah dengan daun mint atau tergantung salera maing-masing.

Buah-buahan yang bisa dipakai untuk air infus seperti buah lemon, jeruk nipis, jeruk bali, jeruk manis, jeruk sunkist, kiwi, anggur, strawbery, mentimun, dan belimbing. Sedangkan buah-buahan yang tekstur lunak seperti pepaya, pisang, semangka, dan sejenisnya tidak dinajurkan karena mudah hancur jika direndam dalam jangka waktu yang lama.

Beberapa Resep Infused Water :
1. Campuran Buah Ketimun
Cuci dulu ketimun dengan air bersih supaya tidak ada sisa pestisida yang tertinggal dikultnya, kemudian dipotong-potong menurut salera, masukkan ke dalam gelas dan tuangkan air putih ke dalamnya bisas disimpan dalam kulkas atau tunggu sampai 24 jam baru bisa diminum. Kandungan silika  dalam Air infus buah ketimun bermanfaat untuk menjaga kesehatan otot dan kulit, airnya bisa untuk cuci muka untuk membersihkan dari debu dan lemak.

2. Campuran Strabery, Jeruk Nipis, Ketimun, dan Mint
Ambil satu liter air minum, 4 buah strabery, 1 buah jeruk nipis, 1/2 buah ketimun, dan daun mint secukupnya. Simpan dan dinginkan dalam kulkas. Dalm waktu 10 menit campuran air suddah bisa dirasakan, tetapi akan lebih segar bila disimpan selama semalaman.

3. Campuran buah Sitrus
Siapkan 1 liter air minum, 1 buah jeruk lemon, dan 1 buah jeruk nipis.
Masukkan 2 potong jeruk lemon dan 2 potong jeruk nipis yang sudah dikuliti. Kemudian campuran tersebut direndam dan disimpan dalam kulkas selama 24 jam. Minuman ini bisa dikonsumsi selama 2 hari. Sisa potongan jeruk tadi bisa diperas ditambahkan kedalam campuran untuk menambah citra dan rasa.

No comments: