Tuesday, February 16, 2016

Bahaya Kencing Sambil Berdiri dan Manfaat Kencing Sambil Jongkok

penyakit kencing berdiri
Melihat pria kencing berdiri sudah menjadi seustu yang bisa dilihat, ini dilakuakn pria apabila mereka dalam keadan mendesak. Meski secara etika cara ini dinilai kurang baik lantara kencing berdiri juga dilakukan oleh hewan. Namun cara ini tetap dilakukan mereka meskipun sebenarnya ada cara kencing yang lebih sopan dan lebih menyehatkan yakni kencing sambil gongkok.
Tidak bisa dipungkiri jika dewasa ini hampir semua toilet umum, mulai dari terminal hingga pusat berbelanjan dan tempat-tempat lainnya menyediakan fasilitas toilet umum yang memaksa kaum pria untuk kencing dengan posisi menggantung (urinal) dan ‘memaksa’ kaum lelaki melakukan kencing dengan berdiri.
Namun taukah anda jika sebenarnya kencing dengan cara berdiri rupanya memiliki resiko kesehatan. Dan berikut ini adalah penjelasan mengenai berbagai masalah dalam tubuh yang disebabkan oleh kebiasaan kencing berdiri, dan salah satunya adalah kencing batu.
Nama penyakit yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga anda. Salah satu penyebab dari penyakit ini ialah karena disebabkan oleh cara kencing yang salah.karena saat kencing berdiri terjadi stasis atau pengendapan air seni di dalam kandung kemih yang menyebabkan konsentratnya mengendap dan membuat endapannya mulai tersusun untuk membentuk batu kandung kemih.
Dan berikut ini dalah penjelasan mengenai bagaimana cara kencing yang lebih baik dan tepat serta manfaat yang akan didapatkan bila menerapkannya seperti dikutip redaksi Ngokos.com dari laman Tribunnews.
1. Aliran Kencing Akan Lebih Baik dan Sehat
Saat kencing dengan posisi sempurna yakni dengan cara jongkok seperti saat buang air besar, maka kandungan kemih akan tertekan yang akan membantu semua air seni keluar dari dalam tubuh tanpa meninggal sisa. Selain itu usahakan untuk sambil batuk-batuk kecil tujuannya ialah untuk membuat kandungan kemih lebih tertekan sehingga air seni tidak tersisa lagi didalamnya.

Cara ini sesuai dengan penjelasan yang mengtakan bahwa peningkatan tekanan intra perut akan membuat peningkatan tekanan intra vesica (kandung kemih) yang membuat aliran urin yang dikeluarkan menjadi lebih baik.
2. Agar Lebih Tuntas
Biasanya saat buang air seni dengan cara berjongkok akan diikuti buang air gas. (membuang sisa metabolisme lagi dan jarang sekali terjadi saat buang air seni dengan berdiri).

3.Posisi Berdiri Menyisakan Air Kencing
Apabila buang air kecil sambil berdiri maka kandungan kemih tidak akan mengalami tekanan sehingga di dalam tubuh masih tersisa air seni yang memungkinkan pembentukan batu kandungan kemih semakin mengalami peningkatan.

Oleh sebab itulah sangat dianjurkan untuk kencing dengan cara jongkok. Apabila sedang berada di tempat umum pilihlah toilet umum yang tertutup atau jangan menggunakan toilet kencing yang menggantung (urinal) agar anda bisa kencing dengan cara sambil berjongkok. Sehingga usaha keciil ini bisa membantu anda terhindar dari masalah penyakit kencing batu

No comments: